One Man One Hole, Aksi Nyata Sadarkan Masyarakat Terhadap Biopori

0
35
One Man One Hole Biopori

Sebagai salah satu bukti dukungan terhadap pelestarian sumber daya air, Rama Zakaria selaku Manajer CSR PT Tirta Investama Klaten menginisiasi adanya kegiatan one man one hole. Aksi kolektif pembuatan biopori tersebut diikuti oleh pimpinan dan karyawan PT Tirta Investama di kompleks pabrik setempat. Sebanyak 125 biopori telah berhasil dibuat dalam satu hari dan akan terus berlanjut hingga mencapai angka 900 biopori sesuai jumlah karyawan di pabrik tersebut.

Rama Zakaria menjelaskan dengan adanya pembuatan biopori ini maka air tidak akan meluap apabila terbuang ke sungai, karena nantinya air tersebut akan terserap kembali ke lubang tanah melalui biopori tersebut.

Baca Juga:   AQUA Klaten Terima Gubernur Award

Di Klaten telah banyak kegiatan pembuatan biopori yang dilakukan beberapa instansi. Namun kebanyakan hanya sebatas pada pencanangan dan tidak ada tindak lanjut yang signifikan yang mampu membuat kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya upaya penyelamatan sumber daya air. Hal ini telah diakui oleh Bondan Sidarta dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) “Memang dulu peralatan pembuatan biopori kita juga pernah dipinjam sebuah instansi, dan memang gerakan pembuatan biopori ini belum memasyarakat. Kini kami lebih cenderung memberikan penyadaran pada kalangan pelajar,” ungkap Bondan

Untuk menanggulangi banyaknya wacana tersebut, maka Rama Zakaria berkomitmen penuh untuk melakukan pengawasan serta evaluasi dalam program biopori tersebut, sehingga gerakan 1000 biopori dalam one man one hole akan benar-benar terwujud.

Sumber artikel & foto : http://krjogja.com/web/news/read/23148/Gerakan_Biopori_Masih_Sebatas_Pencanangan