AQUA Klaten Raih Peringkat I Penghargaan Efisiensi Energi Nasional (PEEN) ke-5 oleh Kementerian ESDM

0
33

Jakarta,  4 Agustus 2016- Sebagai apresiasi kepada institusi pemerintahan dan industri atas inisiatif efisiensi energi dan konservasi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia menyelenggarakan  Penghargaan Efisiensi Energi Nasional (PEEN) ke-5 Tahun 2016. Penghargaan ini  diserahkan oleh Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) Rida Mulyana dari Kementerian ESDM kepada Pabrik AQUA Klaten atas implementasi efisiensi energi dan konservasi  di lingkungan pabrik tersebut. Para pemenang penghargaan ini akan mewakili Indonesia dalam ajang ASEAN Energy Award 2017 nanti

Sebagai warga korporasi AQUA Grup berkomitmen untuk menjaga keseimbangan antara bisnis dengan kelestarian lingkungan dan kemajuan masyarakat. Berbagai inisiatif efisiensi energi dan konservasi lingkungan telah dilakukan di 18 pabrik yang beroperasi. Kali ini, AQUA Klaten yang  beroperasi sejak tahun 2002 mengajukan diri untuk diaudit program efisiensi energi dan sumber daya yang dikelolanya. Inovasi dan teknologi yang diterapkan melalui program tersebut meliputi; program penghematan listrik, penghematan BBM Solar dengan cara mengganti forklift diesel ke forklift elektrik, penghematan sumber daya air, pengelolaan emisi gas rumah kaca, pengelolaan emisi gas pencemar konvensional.

Manager Produksi AQUA Klaten, Satoto Mulyo, menyampaikan bahwa Efisiensi Energi selama tahun 2015 mampu mencatat nilai penghematan 9,1 Miliar Rupiah, dengan efisiensi penggunaan listrik sebesar 8,5 juta KWH serta penurunan 5609,3 tonTon CO2. AQUA Klaten terpilih menduduki peringkat I untuk sub kategori Industri Kecil dan Menengah. Hal tersebut didasarkan pada pemakaian energinya masih kurang dari 6000 ton ekuivalen minyak. “Sekitar Januari 2017 kami akan mulai berkoordinasi dengan tim dari Kementerian ESDM untuk bersiap mengikuti ASEAN Energy Award 2017 di Singapura”, tutup Satoto.

Baca Juga:   Mendes Resmikan Wisata Bukit Patrum di Klaten

Pabrik AQUA Klaten setiap harinya  memproduksi Aqua 330 ml, Aqua  galon, Aqua 600 ml, Aqua 240 ml, Aqua 1500 ml dan Mizone. Pabrik ini telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001, ISO 14001, ISO 22000, Foodsafety, Good Manufacture Product, SNI, dan Sertifikat Jaminan Halal.  Sedangkan untuk sertifikat manajemen keselamatan dan kesehatan kerja AQUA  Klaten menerapkan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja dari grup Danone.

Kinerja pengelolaan lingkungan oleh AQUA Klaten secara keseluruhan telah terbukti dengan meraih penghargaan PROPER BIRU dari Kementrian Lingkungan Hidup untuk dua kali periode penilaian berturut-turut tahun 2014-2015, dan kategori “TAAT” pada Audit Properda Jateng di tahun 2013.

Sumber: http://www.aqua.com/kabar_aqua/berita-perusahaan/aqua-klaten-raih-peringkat-1