Mahasiswa UGM dan ITB Raih Tim Terbaik Kompetisi Desain Industri Danone-AQUA

Desa Klaten -Informasi Tentang Kabupaten Klaten, Aqua Klaten – Danone Klaten PT. Tirta Investama Pabrik Aqua Klaten

Informasi seputar desa Klaten, Meliputi Pertanian, Perairan, Wisata, Kerajinan dan Aqua Klaten serta Kegiatan PT. Tirta Investama Pabrik Aqua Klaten

AquaDanonDanone

Mahasiswa UGM dan ITB Raih Tim Terbaik Kompetisi Desain Industri Danone-AQUA

Mahasiswa perwakilan dari Universitas Gajah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi tim terbaik pada DANONE INDUSTRIAL DESIGN COMPETITION Jugs Handling Innovation usai menyisihkan perwakilan dari 64 tim Universitas terbaik di Indonesia.

“Kompetisi yang telah berlangsung sejak kick off di Universitas Indonesia pada 5 Oktober 2017 berlangsung di 4 lokasi pabrik Danone AQUA di Pasuruan Jawa Timur, Medan Sumatera Utara, Subang Jawa Barat dan Klaten Yogyakarta pada,” kata Arif Mujahidin, Direktur Komunikasi Danone Indonesia.

“Mahasiswa UGM dan ITB mampu menyisihkan perwakilan dari Universitas Indonesia, President University, dan Universtas Trisakti pada babak 5 besar. Presentasi hasil karya dua Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia itu mampu
meyakinkan dan mempesona manajemen Danone AQUA dan dewan juri,” tutur Arif.

Seluruh tim mahasiswa yang mengikuti kompetisi ini sebelumnya telah mengembangkan ide inovasi untuk desain penanganan galon (jug handling) di pabrik, mulai dari cara menurunkan galon kosong, proses produksi sampai menaikkan galon yang sudah terisi dalam sistem pengirimannya.

Engineering and Technovation Director Danone AQUA, Budi Hartono Susilo mengatakan inovasi desain penanganan galon ini dapat berbentuk modifikasi sistem yang sudah ada atau menciptakan sistem baru dalam penanganan galon.

Budi menjelaskan, tim dewan juri pada kompetisi ini terdiri dari lintas divisi di Danone-AQUA terdiri dari divisi industrial, engineering, supply chain, quality, safety dan finance.

“Dalam seluruh proses penjurian dan penentuan pemenang, dewan juri mempertimbangkan aspek-aspek orisinalitas ide, desain yang ergonomis, aman, dan mampu menjaga kualitas.”

Kompetisi inovasi ini adalah sebagai ajang untuk menyalurkan kreativitas para mahasiswa secara langsung di industri dan juga mengetahui bagaimana inovasi-inovasi dilakukan agar industri dapat berkembang. Budi mengapresiasi kreatifitas dan ide-ide baru yang dikembangkan oleh para mahasiswa ini.

Baca Juga:   AQUA Klaten Raih Peringkat I Penghargaan Efisiensi Energi Nasional (PEEN) ke-5 oleh Kementerian ESDM

“Kami sangat mengapresiasi kinerja dari setiap tim yang mengikuti kompetisi ini. Banyak hal menarik dan ide-ide baru yang dilahirkan oleh setiap tim. Nantinya, pemenang akan mendapat kesempatan untuk menjadi pendamping kami dalam proses implementasi inovasi ini,” jelas Budi.

“Kompetisi ini merupakan salah satu bentuk inisiatif perusahaan untuk mendorong kreativitas mahasiswa di Indonesia. Kompetisi ini diselenggarakan agar mahasiswa melalui ide-ide kreatifnya, memiliki kesempatan untuk terlibat langsung pada industri dan lingkungan kerja dan dapat menjadi bekal sebelum mereka memasuki dunia kerja,” ungkap Vice President Human Resources Danone-AQUA, Pambudi Sunarsihanto.

Ketua tim UGM yang menjadi salah satu tim terbaik, Ezra Febrinanda menilai bahwa kompetisi ini telah melatih bagaimana mahasiswa dapat menghasilkan ide-ide yang inovatif namun tetap realistis dan impactful.

“Melalui kompetisi ini, kami, tim Lokapala UGM, belajar bagaimana implementasi dari teori-teori yang kami pelajari di kampus. Kami yang berasal dari berbagai jurusan yang berbeda di kampus dilatih untuk bisa bekerja sama dengan baik, bekerja dibawah tekanan, serta membuat solusi yang realistis.”

Danone-AQUA juga memiliki komitmen untuk mendorong berkembangnya generasi muda di Indonesia salah satunya pada bidang olahraga. Kompetisi sepak bola AQUA Danone Nations Cup berlangsung di seluruh Indonesia dan telah berlangsung selama 15 tahun berturut-turut.

Sebagai bentuk perhatian Danone-AQUA terhadap kreativitas generasi muda, beberapa waktu lalu Danone-AQUA juga menggelar kompetisi desain label Temukan Indonesiamu dan desain pemenang digunakan pada label produk AQUA untuk beberapa waktu.

Pada bidang pendidikan, Danone-AQUA melibatkan mahasiswa pada beberapa program, antara lain Trust Business Challenge, Danone Young Social Entrepreneur Program, kunjungan mahasiswa ke kantor Danone Indonesia dan berdiskusi dengan jajaran top level management, serta kerjasama penelitian terkait sumber daya air.

Baca Juga:   Unwidha Jalin Kerjasama dengan Aqua Klaten

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Mahasiswa UGM dan ITB Raih Tim Terbaik Kompetisi Desain Industri Danone-AQUA, http://www.tribunnews.com/nasional/2018/03/28/mahasiswa-ugm-dan-itb-raih-tim-terbaik-kompetisi-desain-industri-danone-aqua.

Editor: Toni Bramantoro

About Author

DesaKlaten.com adalah sebuah blog sederhana yang berisi informasi dari berbagai media online yang kami sajikan kembali dengan tujuan untuk mengingatkan kembali akan harmonisasi sebuah desa yang penuh dengan Anugerah Tuhan YME.