Pabrik AQUA Klaten Terima Padmamitra Award 2018 Kategori Bidang Disabilitas

Desa Klaten -Informasi Tentang Kabupaten Klaten, Aqua Klaten – Danone Klaten PT. Tirta Investama Pabrik Aqua Klaten

Informasi seputar desa Klaten, Meliputi Pertanian, Perairan, Wisata, Kerajinan dan Aqua Klaten serta Kegiatan PT. Tirta Investama Pabrik Aqua Klaten

AquaAqua KlatenCSR AquaCSR Aqua KlatenDanonDanonePT Tirta Investama Pabrik KlatenPT TIV KlatenPt. Tirta Investama

Pabrik AQUA Klaten Terima Padmamitra Award 2018 Kategori Bidang Disabilitas

Jakarta, 25 Oktober 2018, PT Tirta Investama – Pabrik Klaten (Pabrik AQUA Klaten) menerima Penghargaan Padmamitra untuk kategori Bidang Kecacatan dari Kementrian Sosial bekerjasama dengan Forum CSR ( Corporate Social Responsibility ) – Kesejahteraan Sosial. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita di damping oleh GKR Mangkubumi di Swiss Bell Hotel Mangga Besar, Jakarta. Penghargaan tersebut diberikan kepada perusahaan yang telah membukkan komitmennya dalam pengembangan fasilitas untuk difabel. Pabrik AQUA Klaten sejak 2016 telah akf memberikan dukungan akf kepada Inklusi Center Kecamatan Karanganom – Bhak Negeri (ICKK-BN) bagi 40 difabel di Kecamatan Karanganom. Inisiaf tersebut merupakan hasil kolaborasi dengan 25 relawan tenaga medis dari Puskesmas sekitar Karanganom, fisioterapis dari PMI Solo, UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta), STIKES Solo, dan relawan Pabrik CSR AQUA Klaten.

Stakeholder Relaton Manager Pabrik AQUA Klaten, Rama Zakaria menjelaskan bahwa banyak difabel di Kecamatan Karanganom yang belum mendapatkan layanan rehabilitasi kemasyarakatan yang memadai. “ICKK-BN ini memberikan layanan kepada anggotanya yang terdiri dari usia Balita sampai lanjut usia, Mereka datang dengan difabilitas yang beragam yaitu: tunadaksa, tunarungu, tunawicara, tunanetra, tunagrahita dan poststroke di wilayah kecamatan Karanganom dan sekitarnya”, Jelas Rama.

Pada kesempatan yang sama Camat Karang Anom, Slamet Samodra Karyadi mengatakan bahwa ICKK-BN mulai di-inisiasi pada 2015, akfitasnya sempat terkendala operasional sampai pada awal 2016 Pabrik AQUA Klaten memberikan dukungannya dan berparsipasi akf dalam kegiatan ICKK-BN. “segala akfitas di ICKK-BN ini bertujuan untuk memberikan layanan rehabilitasi yang terintegrasi bagi difabel” kata Samodra. Pemerintah mengharapkan keluarga difabel akan memiliki kemandirian dan kemampuan menangani anggota keluarga difabel. “Awalnya kami menjemput difabel di rumah-rumah untuk berkumpul di ICKK-BN, sebagian besar berasal dari keluarga kurang mampu, dan mereka merasa rendah diri untuk berkumpul bersama. Kini pertemuan yang diadakan seminggu sekali menjadi saat sosialisasi yang dinan bagi difabel’ lanjutnya.

ICKK-BN memberikan layanan rehabilitasi fisik kesehatan bagi difabel. Selain itu rehabilitasi pendidikan khusus juga diberikan kepada anak-anak berkebutuhan khusus. Dari sisi ekonomi, telah terbentuk koperasi Difa Mandiri Sejahtera” yang kini tercatat memiliki 144 anggota. Sedangkan untuk memicu semangat, ICKK-BN mendorong minat seni dengan adanya Difa Electone dan minat prestasi olahraga bekerjasama dengan Naonal Paralympic Commiee Kabupaten Klaten untuk pembibitan atlit panahan.

Baca Juga:   Mahasiswa UGM dan ITB Raih Tim Terbaik Kompetisi Desain Industri Danone-AQUA

Tentang Danone-AQUA Danone-AQUA merupakan pelopor Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dan Minuman Ringan di Indonesia yang didirikan tahun 1973. Sebagai perwujudan visi dan komitmen dalam mengelola operasional secara bertanggung jawab dalam sosial dan lingkungan, AQUA mengembangkan inisiatif AQUA Lestari yang terdiri dari Perlindungan Sumber Daya Air, Pengurangan C02, Optimalisasi Kemasan dan Pengumpulan Sampah Kemasan dan Distribusi Produk secara Berkelanjutan yang dilakukan bekerja bersama pemaku kepentingan dan karyawan. Danone-AQUA adalah bagian dari kelompok usaha DANONE, salah satu produsen produk

makanan dan minuman terbesardi dunia. Di Indonesia sendiri, unit usaha DANONE meliputi tiga kategori utama, yaitu minuman (AMDK, minuman ringan non karbonasi, dan minuman teh), Nutrisi untuk Kehidupan Awal (Nutricia dan Sarihusada), serta nutrisi medis.

Danone-AQUA merupakan Perusahaan FMCG pertama di Indonesia yang bersertifikasi B-Corp, yaitu standar tertinggi terhadap kinerja sosial dan lingkungan, transparansi dan akuntabilitas. Laporan keberlanjutan Danone-AQUA dapat diakses melalui www.aqua.com.

 

About Author

DesaKlaten.com adalah sebuah blog sederhana yang berisi informasi dari berbagai media online yang kami sajikan kembali dengan tujuan untuk mengingatkan kembali akan harmonisasi sebuah desa yang penuh dengan Anugerah Tuhan YME.