Petani Organik Klaten Binaan CSR Aqua Danon Klaten

1
72
Corporate Communication Manager Danone Aqua Michael Liemena (kanan) menjelaskan mengenai siklus dan manfaat air untuk kesehatan dan lingkungan kepada sejumlah pelajar di zona air Danone Aqua pada Green Festival, Gaya Hidupku untuk Bumi”di Bandung, Jabar, Jumat (25/11). Zona air tersebut memberikan edukasi kepada anak-anak dan keluarga mengenai pentingnya penggunaan air secara bijak, pola hidup bersih, dan manfaat minum air putih bagi kesehatan tubuh. (FOTO ANTARA/Rizal)
 “… juga menjaga sumber mata air yang merupakan nafas bagi perusahaan air minum itu… “
Perusahaan air minum dalam kemasan, Danone Aqua, mengajak masyarakat melakukan pertanian secara organik sekaligus melakukan pembinaan cara bertani yang ramah lingkungan tersebut di Klaten, Jawa Tengah.
“Kami mengajak masyarakat untuk melakukan pertanian secara organik dan mengedukasi baik tata cara pertanian, peternakan, maupun pengelolaan keuangan,” ujar Senior Manajer Program Pembangunan Berkelanjutan Danone Aqua, Fainta S Negoro, di Yogyakarta, Senin.
Program itu, lanjut dia, merupakan bentuk corporate social responsibilityDanone Aqua yang tidak hanya menjaga kelangsungan bisnis sekaligus melestarikan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.
Bukan cuma itu saja, karena Danone-Aqua juga mengajak masyarakat membuang dan mengelola sampah secara semestinya dan bijaksana melalui program GEMAS. Gerakan ini bertujuan mewujudkan budaya peka lingkungan yang lebih baik lagi demi masa depan.
Tujuannya tidak hanya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di lingkungan sekitar perusahaan, juga menjaga sumber mata air yang merupakan nafas bagi perusahaan air minum itu.
“Klaten merupakan salah satu proyek percontohan pembangunan berkelanjutan Aqua,” tambah dia.
Di Klaten, lanjut dia, Danone Aqua menaungi 36 desa yang termasuk ke dalam daerah aliran sungai Pusur. Wilayah DAS tersebut meliputi wilayah hulu, pabrik, dan hilir.
“Jadi sistem pertanian yang dilakukan di Klaten terpadu, dari hulu hingga hilir. Mengajarkan para petani untuk melakukan penanaman secara organik hingga mempertemukannya dengan pembeli.”
Sementara itu, Manajer CSR Danone Aqua Klaten, Muhamad Atiq Zambani, mengatakan apa yang dilakukan Aqua tersebut adalah menerapkan sumber daya air secara terpadu.
“Bagaimana hidrologi dan sosio ekonomi masyarakat digarap secara seimbang,” tambah dia.
Selain itu, lanjut Atiq, perusahaannya juga melakukan upaya konservasi dengan melakukan penanaman pohon di wilayah itu.
Sumber:
Baca Juga:   Sentra Kerajinan Klaten

1 COMMENT

  1. […] Hari buruh yang jatuh pada hari Minggu,1 Mei 2016 dirayakan oleh buruh pekerja khususnya di seluruh wilayah Indonesia dengan beragam bentuk perayaan. Umumnya peringatan hari buruh sedunia dirayakan dengan melakukan aksi demonstrasi atau long march turun ke jalan tetapi ada yang menarik dengan perayaan hari buruh sedunia tahun 2016 yang dilakukan oleh SPDAG Aqua Klaten yaitu melakukan “grebeg Kali dan penanaman pohon MPTS (multi purpose tree species)” disekitar sepadan sungai Pusur. “Di dalam bisnis kami bahwa buruh itu sangat terkait dengan lingkungan, termasuk didalamnya pengelolaan sumberdaya air sehingga dengan momentum Mayday tahun ini kami bersinergi dengan masyarakat sekitar melakukan grebeg kali dan penanaman pohon kayu dan buah-buahan disekitar sepadan sungai Pusur dan semangat hari buruh ini juga semakin memperkuat cita-cita kesejahteraan buruh, jelas Marjono selaku ketua SPDAG AQUA Klaten. […]