6 Wisata kuliner di Klaten Jawa Tengah, Kaya Cita Rasa Khas

Desa Klaten -Informasi Tentang Kabupaten Klaten, Aqua Klaten – Danone Klaten PT. Tirta Investama Pabrik Aqua Klaten

Informasi seputar desa Klaten, Meliputi Pertanian, Perairan, Wisata, Kerajinan dan Aqua Klaten serta Kegiatan PT. Tirta Investama Pabrik Aqua Klaten

Desa KlatenDesa Wisata di KlatenKabupaten KlatenKlatenWisata di KlatenWisata Klaten

6 Wisata kuliner di Klaten Jawa Tengah, Kaya Cita Rasa Khas

Wisata kuliner di Klaten Jawa Tengah bisa jadi pilihan saat mampir ke wilayah ini. Klaten merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang dulunya masuk dalam wilayah Keresidenan Surakarta. Wilayahnya yang terletak antara Jogja dan Solo menjadikan Klaten sebagai tempat persinggahan bagi orang yang melakukan perjalanan dari wilayah barat ke timur atau sebaliknya.

Klaten memiliki destinasi wisata yang menarik dikunjungi. Destinasi ini seperti Candi Prambanan dan Sewu, Candi Plaosan, Wisata Air Cokro, dan Menara Air Klaten. Tak cuma wisata sejarah dan alam, wisata kuliner di Klaten Jawa Tengah juga tak boleh terlewat.

Wisata kuliner di Klaten Jawa Tengah didominasi dengan masakan Jawa yang memiliki cita rasa rempah dan manis. Wisata kuliner di Klaten Jawa Tengah kerpa menjadi pilihan banyak orang yang singgah ke Klaten baik untuk liburan, atau sekadar melakukan perjalanan ke kota lain.

Wisata kuliner di Klaten Jawa Tengah menawarkan menu khas yang tidak ditemui di daerah lain. Beberapa wisata kuliner di Klaten Jawa Tengah ini bahkan telah melegenda sejak puluhan tahun lalu. Berikut wisata kuliner di Klaten Jawa Tengah yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (9/9/2019).

2 dari 7 halaman

Sop Ayam Pecok Asli Klaten

Sup Ayam / Sumber: iStockphoto

Salah satu kuliner legendaris Klaten adalah sop ayam pecok. Istilah pecok berarti memotong-memotong secara acak. Di sini ayam dipotong tidak beraturan beserta tulang-tulangnya. Ayam yang dipecok baik daging dan tulangnya memberi rasa gurih yang khas pada kuahnya. Sumsum tulang ayam akan menghasilkan kaldu yang lezat untuk sup ini.

Sup ayam pecok biasanya menggunakan ayam kampung dengan tambahan soun dan seledri. Salah satu Sup ayam pecok yang paling terkenal adalah Sup Ayam Pak Min yang sudah hampir 50 tahun ada dan telah memiliki belasan cabang di berbagai daerah seperti Solo, Jogja, dan Semarang.

Sup ayam pak Min dapat dengan mudah ditemui di Klaten tepatnya di Jl Mayor Kusmanto No 23, Klaten dan cabang-cabang lainnya. Ada berbagai macam jenis sop ayam yang ditawarkan seperti sop ayam campur dan pisah mulai bagian kulit, daging, hingga kepala ayam.

Baca Juga:   Ibu-ibu PKK Diharapkan Berperan Aktif dalam Kegiatan Sesuai Kreativitas

3 dari 7 halaman

Ayam Panggang Klaten

Ilustrasi ayam panggang./Copyright pexels.com

Ayam panggang Klaten punya rasa yang khas dan istimewa. Sebelum dipanggang, ayam terlebih dahulu diungkap dengan santan beserta rempah Jawa yang kuat. Rempah ini akan meresap ke dalam daging, membuat ayam panggang memiliki perpaduan rasa gurih dan manis mengguggah selera.

Salah satu rumah makan ayam panggang Klaten yang terkenal adalah Ayam Panggang Ny. Anggriani yang berada di Jl. Rajawali No.113 dan Toko Florida di Jl. Pemuda No.61. Ayam panggang Ny. Anggriani tersedia dalam porsi utuh, dada, rempela ati, kepala, dan usus.

4 dari 7 halaman

Nasi Tumpang Lethok

Nasi Tumpang Lethok (sumber: pariwisataklaten)

Nasi Tumpang Lethok terdiri dari nasi putih, sayuran, telur rebus yang kemudian disiram kuah sambal tumpang yang terdiri dari tempe, cabai, santan dan rempah. Menu tersebut biasanya juga ditambahkan lauk lain seperti krecek, koyor, hingga urap.

Salah satu warung makan yang menyediakan Nasi Tumpang Lethok adalah Warung Makan Mbak Riyanti yang berada di Jl Mayor Kusmanto, Kelurahan Semangkak, Kecamatan Klaten Tengah. Nasi Tumpang Lethok punya harga cukup terjangkau mulai dari 9 ribu rupiah hingga 15 ribu rupiah tergantung lauk di dalamnya.

5 dari 7 halaman

Soto Bebek dan bebek bacem

ilustrasi/copyright shutterstock.com

Jika biasanya soto identik dengan isian daging ayam atau sapi, di Klaten Anda dapat menemukan soto bebek. Soto bebek khas Klaten ini memiliki kuah bening dengan suwiran daging bebek empuk yang memberi cita rasa gurih ditambah bumbu rempah.

Sementara olahan bebek lainnya yaitu bebek bacem juga menjadi menu khas di Klaten. Bebek bacem merupakan olahan daging bebek yang direbus dalam air kelapa dengan rempah seperti gula merah, bawang merah, lengkuas, lengkuas, dan lainnya. Bebek yang telah direbus bersama rempah ini kemudian digoreng ingga menciptakan perpaduan rasa gurih, hangat, dan manis.

Baca Juga:   Tempat Pembuangan Sampah disulap Jadi Tujuan Wisata di Klaten

Rumah makan legendaris yang menyajikan Soto Bebek dan bebek bacem di Klaten adalah Soto Bebek Bu Siswo. Rumah makan Bu Siswo sudah ada sejak tahun 1953 dan menjadi pelopor soto bebek khas Klaten. Rumah makan Bu Siswo berada di Kios Karanglo, Karangdukuh, Jogonalan, Klaten tepatnya di sebelah timur Pabrik Gula Gondang.

6 dari 7 halaman

Bakmi Miroso

kwetiau goreng/copyright: pexels.com/pixabay

Klaten juga punya sajian chinese food yang legendaris yaitu Bakmi Miroso. Rumah makan ini menyajikan berbagai macam menu chinese food mulai dari kewtiau, mie ayam pangsit, ayam koloke, seafood hingga nasi goreng. Banyak orang rela mengantri untuk menikmati menu di Bakmi Miroso ini.

Bakmi Miroso berada tak jauh dari pusat alun-alun Klaten, tepatnya di Jl. Pemuda No.125, Klaten Tengah. Bakmi Miroso begitu terkenal dan tak pernah sepi penikmat.

7 dari 7 halaman

Keripik Cakar, Belut, dan Paru

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/evesphoto

Tak hanya menikmati kuliner berat khas Klaten seperi soto bebek atau sup ayam pecok, oleh-oleh khas Klaten juga tak boleh terlewat. Klaten punya oleh-oleh khas yang terkenal yaitu aneka keripik seperti cakar, belut, dan paru. Panganan ini cocok dijadikan oleh-oleh yang lezat dan tahan lama.

Aneka keripik ini dapat dengan mudah ditemui di pasar atau pusat oleh-oleh di sepanjang jalan Klaten. Keripik-keripik ini cocok sebagai camilan atau campuran makanan berat seperti nasi, sup atau soto.

 

Sumber: Liputan6.com

About Author

DesaKlaten.com adalah sebuah blog sederhana yang berisi informasi dari berbagai media online yang kami sajikan kembali dengan tujuan untuk mengingatkan kembali akan harmonisasi sebuah desa yang penuh dengan Anugerah Tuhan YME.