PT Tirta Investama yang berkolaborasi dengan Kodim Klaten dan Pemerintah Desa mengadakan kegiatan normalisasi saluran irigasi yang bertempat di Desa Kwarasan Klaten Jawa Tengah. Kegiatan yang menjadi program APBD desa tahun 2017 ini bertujuan untuk membuat irigasi yang ada di Desa Kwarasan bisa kembali lancar dan dapat kembali mengairi sawah-sawah yang ada di wilayah tersebut.

Banyaknya sawah yang mengalami kekeringan dan keadaan irigasi yang sudah memprihatinkan membuat PT Tirta Investama tergerak untuk memperbaiki kondisi tersebut. “Sebelum adanya normalisasi ini, kondisi irigasi di Desa Kwarasan memang bisa dibilang sudah tidak layak dan tidak dapat difungsikan kembali. Banyak tumpukan sampah dan walet yang menutupi lining yang ada di kanan atau kiri saluran tersebut, sehingga menghambat air yang akan mengalir di saluran tersebut,” ungkap Sunarto selaku Sekdes Desa Kwarasan.

Normalisasi Saluran Irigasi Desa Kwarasan

Menurut Sunarto, dengan adanya kegiatan ini respon yang diterima oleh masyarakat sangat positif. “Dari masyarakat Desa Kwarasan tentu sangat berterimakasih sekali karena kegiatan ini membuat pengairan menjadi normal kembali. Semoga nantinya ketika awal musim penghujan ketika air sedang melimpah tidak akan lagi merusak lahan pertanian dan air yang sudah tidak terpakai bisa lancar dibuang ke pembuangan,” tambah Sunarto.

Besar harapan dari masyarakat dan pemerintah desa agar kegiatan semacam ini terus berlanjut. “Ya untuk kelanjutannya jangan sampai ada lagi pengurangan-pengurangan air di musim kemarau, dan kepada PT Tirta Investama saya berharap tetap menjadi perusahaan yang tetap memberikan perhatiannya kepada petani-petani yang membutuhkan,” tutup Sunarto.

Baca Juga:   CSR Danone Aqua: Perjalanan yang Mendewasakan

1 COMMENT