Halo Sahabat di Kab Klaten, Kalo punya bisnis silahkan hub kami melalui Contact untuk kami publikasikan bisnis kalian.

Pupuk Kompos

  1. Home
  2. » Pupuk Kompos
Ganjar pranowo-Pupuk Kompos
Pupuk Kompos1
Address:
Desa Keprabon Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Indonesia 57474
Description:

Pupuk Kompos

Paguyuban Semut Harjo TPS3R

 

Ngadi menjelaskan, awal tercetusnya pengolahan sampah secara mandiri itu bermula dua tahun lalu ketika warga bingung hendak membuang sampah ke mana. Kemudian warga di RW 5 sepakat memilah sampah organik dan non organik ke dalam keranjang sampah.

Kemudian, warga desa meminjam mesin penggiling untuk menggiling sampah hingga bisa dimanfaatkan menjadi pupuk. Hingga saat ini memang pengolahan sampah tersebut baru mencakup RW 5 karena terbatas peralatan.

"Awalnya desa saya tidak ada tempat sampah, terus buat. Akhirnya bingung buang ke mana, ditarik truk butuh biaya. Akhirnya timbul dipilah buat pupuk. Ini inisiatif warga," terang Ngadi.

Sementara itu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang sempat mengunjungi langsung lokasi pengolahan sampah itu langsung memberikan apresiasi. Bahkan dia "menantang" warga untuk bisa mencakup area lebih luas dan pihaknya siap membantu.

"Mereka dengan mesin pinjam saja bisa, kita akan tingkatkan kapasitasnya. Mereka punya bantuan, lengkap Rp 550 juta, kalau siap itu, kita sudah siapkan, ayo buat usulan. Tapi saya minta nantinya bisa mengolah dari pusat sampah, apa itu? Kalau di sini Pasar Delanggu," kata Ganjar.

Contact Information
You must be logged in to submit contact form

Send message to moderator