Air Umbul Brintik Klaten Berkhasiat, Buktikan..!!

Desa Klaten -Informasi Tentang Kabupaten Klaten, Aqua Klaten – Danone Klaten PT. Tirta Investama Pabrik Aqua Klaten

Informasi seputar desa Klaten, Meliputi Pertanian, Perairan, Wisata, Kerajinan dan Aqua Klaten serta Kegiatan PT. Tirta Investama Pabrik Aqua Klaten

KlatenPariwisata KlatenUmbul BrintikUmbul JalatundaUmbul KapilalerUmbul KlatenUmbul MantenUmbul NiloUmbul PonggokUmbul SigedangWisata AirWisata Air KlatenWisata di KlatenWisata Klaten

Air Umbul Brintik Klaten Berkhasiat, Buktikan..!!

Keberadaan Umbul Brintik yang ada di selatan Balai Desa Malangjiwan, Kecamatan Kebonarum, Klaten, semakin dikenal masyarakat. Tak hanya warga Klaten yang singgah dan berenang di umbul yang terkenal sebagai umbul terapis atau bagus untuk penyembuhan kesehatan.

Setiap hari dipastikan warga yang berkunjung sekitar seribu orang lebih dan kalau hari libur akan lebih banyak lagi yang singgah. Dari keterangan Suparno (60 th), relawan tenaga terapis air umbul Brintik, bisa mencapai dua ribuan.

Tiket masuk per orang Rp 3 ribu, parkir sepeda motor Rp 2 ribu dan parkir mobil Rp 3 ribu. Kata Suparno, bagi warga yang berniat mandi sekaligus terapi air umbul, bisa dilayani khusus hari Senin sampai Sabtu. Untuk minggunya, Suparno tidak melayani, sebab warga yang berkunjung biasanya mbludak dan dirinya memilih istitahat di rumah.

Dikisahkan, sebelum menjadi relawan tenaga terapis air umbul Brintik, Suparno yang tinggal di Sleman, DIY ini menderita sakit yang susah diobati secara medis. Dengan rutinitas berendam dan mencoba melakukan arahan teman untuk terapi air, beberapa bulan berikutnya sembuh total.

“Saya merasakan sendiri manfaat berenang atau hanya sekedar berendam dengan menggerakkan badan atau tangan di umbul Brintik ini. Manusia berikhtiar dan Gusti Allah lantaran air umbul Brintik ini yang memberikan penyembuhan. Kalau tak percaya, silahkan mencoba. Contohnya ada warga Manisrenggo lumpuh tak bisa digerakkan, setelah terapi selama 1 bulanan, sudah sembuh dan bisa jalan,” jelas Suparno.

Baca Juga:   Umbul Kapilaler di Desa Klaten

Keberadaan umbul Brintik sebagai wahana warga terapi kesehatan dan diyakini bisa menyembuhkan segala keluhan kesehatan, dibenarkan Camat Kebonarum Sutopo SIP MSi. Saat ditemui wartawan, Jumat siang (22/2/2019), Sutopo mengaku kalau sudah terbukti dan teruji keistimewaan mandi di umbul Brintik ini menyehatkan. Awalnya dulu warga Klaten belum tahu kalau umbul ini berkhasiat dan tahunya warga dari luar Klaten justru banyak yang berdatangan.

Kadar keasaman atau kandungan PH air umbul Brintik sangat tinggi dan tak pernah kering air umbulnya. Setiap seminggu sekali memang dikuras dan biasanya selang satu jam usai dikuras, air umbul langsung memenuhi areal kolam umbul Brintik. Dan karena banyak warga berdatangan, maka oleh Pemerintah Desa lewat BUMDes dikelola secara profesional.

“Adanya umbul Brintik sebagai lokasi terapi kesehatan bisa dipertahankan dan hasil dari usaha sumber mata air umbul Brintik ini bisa memakmurkan warga Desa Malangjiwan. Umbul ini memang membawa berkah, termasuk bagi warga yang membuka warung kuliner sego pecel wader kali atau pecel belut goreng,” ujar Sutopo.

Baca Juga:   Terapi Rematik, Stroke dll di Umbul Brintik di Klaten

Dari informasi warga yang berendam atau terapi di umbul ini, banyak yang mengaku telah sembuh dari migran, tensi tinggi menjadi turun, sakit maag menjadi sembuh total, stroke bisa pulih, saraf kejepit sembuh dan sebagainya. Biasanya terapinya 10 hari berturut-turut dan dijadwal khusus. Setelah itu, terapinya seminggu satu atau dua kali saja.

Suparno menambahkan, khasiat air umbul Brintik sudah tidak diragukan lagi dan dirinya menyarankan bagi warga yang sakit yang tak bisa disembuhkan secara medis, bisa diterapi di umbul ini. “Ayo buktikan, insya Allah terapi di umbul ini jadi obatnya,” pesannya. (Aha)

Caption Foto HL:
Warga dengan senang hati rutin terapi di umbul Brintik. 

Sumber: https://poskita.co/2019/02/24/air-umbul-brintik-klaten-berkhasiat-buktikan/

Alamat Umbul Brintik:

Jl. Umbul Brintik

Malangjiwan
Kec. Kebonarum
Kabupaten Klaten
Jawa Tengah 57486

Lokasi Map: Brintik, Malangjiwan, Kec. Kebonarum, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57486

About Author

DesaKlaten.com adalah sebuah blog sederhana yang berisi informasi dari berbagai media online yang kami sajikan kembali dengan tujuan untuk mengingatkan kembali akan harmonisasi sebuah desa yang penuh dengan Anugerah Tuhan YME.