Kuliner Unggulan Klaten, Ini Belum Separonya Bro…

Desa Klaten -Informasi Tentang Kabupaten Klaten, Aqua Klaten – Danone Klaten PT. Tirta Investama Pabrik Aqua Klaten

Informasi seputar Klaten, Aqua Klaten, Meliputi Pertanian, Perairan, Wisata, Kerajinan dan Aqua Klaten serta Kegiatan PT. Tirta Investama Pabrik Aqua Klaten

Desa KlatenKabupaten KlatenKlatenKuliner KlatenWisata KulinerWisata Kuliner Klaten

Kuliner Unggulan Klaten, Ini Belum Separonya Bro…

Daftar Kuliner Klaten

Langsung saja bro… ini dia daftar kuliner di Kota Klaten yang siap untuk di cicipi, pada saat tulisan ini dilansir dalam sitausi New Normal mereka masih saja ramai bro.. ini pasti rasanya ya ga sih, klo gak karena rasa kuliner rame itu biasanya karena murah hehe…

Berikut lima kuliner khas Klaten yang enak dan tak boleh terlewatkan. Berikut lima kuliner khas Klaten yang enak dan tak boleh terlewatkan.

Salah satu kuliner khas Klaten yang populer ada sop ayam pecok. Makanan ini mudah ditemukan di mana saja dari penjual kaki lima hingga restoran.
Ciri khas dari sop ayam pecok ini tidak menggunakan bumbu jahe atau santan. Selain itu ayam yang digunakan juga ayam kampung sehingga rasa kaldu sotonya lebih berasa gurih dengan kuah bening yang enak.

Isian sop juga bisa dipilih sesuai selera bisa dicampur atau dipisah. Potongannya ada bagian kulit, daging hingga kepala ayam lengkap dengan lauk seperti tempe, tahu, dan perkedel. Salah satunya yang paling terkenal ada Sop Pak Min Klaten di wilayah Tegaltalang.

Mampir ke Klaten rasanya ada yang kurang jika belum mencicipi Bakmi Miroso Klaten. Hidangan yang satu ini sudah menjadi ikon kuliner di Klaten dan menjadi restoran chinese food legendaris yang punya rasa enak.
Letak restoran Bakmi Miroso tak jauh dari alun-alun Klaten. Hidangan spesial yang bisa dicoba di sini ada nasi goreng, ayam koloke, capcay godog, mie ayam pangsit.

Baca Juga:   Asal-Usul Desa Kajen Klaten, Ada Kaitannya Dengan Haji

Tak ketinggalan menu mienya yang disebut sebagai bakmi Miroso. Di sini tersedia banyak pilihan mie, mulai dari mie bakso, mie goreng, mie rebus hingga bakmi godog yang rasanya tak kalah autentik.

Bagi penggemar hidangan bebek, Klaten punya banyak makanan khas dari bebek yang enak. Salah satunya ada soto bebek dan bebek bacem yang jadi makanan favorit orang-orang di sana.
Tak sulit menemukan penjual soto bebek di sana, sepanjang jalan raya Yogyakarta-Solo ada banyak penjual soto bebek yang masing-masing memiliki ciri khas sendiri. Salah satunya seperti warung soto bebek Bu Siswo yang populer sejak 1953 di Kios Karanglo.

Selain soto kuah bening dengan suwiran daging bebek yang enak, Bu Siswo juga menyajikan menu bebek bacem yang dibumbui dengan kelapa dan aneka rempah tradisional.

Kuliner Klaten Viral

Sego Gudangan merupakan makanan khas Klaten yang biasanya disantap sebagai menu sarapan. Sekilas tampilannya mirip seperti salad tradisional karena menggunakan acar dan beragam sayuran segar lalu ditaburi parutan kelapa.
Rasanya enak gurih ditambah dengan bubuk kacang dan saus yang terbuat dari tempe dan nasi. Sama seperti makanan lainnya, sego gudangan ini bisa ditemukan di mana saja di Klaten terutama di pagi hari.

Baca Juga:   Begini Rasanya Upacara Bendera di Sungai Pusur Klaten

Salah satu sego gudangan yang paling ramai diburu pembeli ketika pagi hari ada Nasi Gudangan Lethok Mbak Tin. Lokasinya di Tonggalan, Klaten dan buka dari jam 5 pagi di dalam warung sederhana.


Selain soto hingga sego, kalau mau coba camilan enak khas Klaten bisa cicip kapelan. Camilan ini pertama kali dibuat di desa Ciro yang ada di Klaten dan jadi camilan populer yang digemari banyak orang.
Kapelan mirip seperti gorengan pada umumnya hanya saja bahan-bahan yang digunakan ada tepung gandum, bawang merah, bawang putih, merica dan garam.

Nama kepalan berasal dari kata ‘kepal’ karena bentuknya yang menyerupai kepalan tangan. Cita rasa gurih dan kenyal membuat camilan ini paling enak disantap ketika hangat dengan saus sambal. Kapelan banyak ditemukan di warung makan hingga jajanan kaki lima.

Sumber dan judul asli dapat dilihat disini: https://food.detik.com/info-kuliner/d-4995903/jadi-trending-topic-ini-5-kuliner-klaten-yang-tak-boleh-terlewatkan/

About Author

DesaKlaten.com adalah sebuah blog sederhana yang berisi informasi dari berbagai media online yang kami sajikan kembali dengan tujuan untuk mengingatkan kembali akan harmonisasi sebuah desa yang penuh dengan Anugerah Tuhan YME.