Perayaan Hari Buruh Ala Aqua Klaten dengan Menanam Pohon

2
56

Perayaan Hari Buruh Ala Aqua Klaten dengan Menanam Pohon

Hari buruh yang jatuh pada hari Minggu,1 Mei 2016 dirayakan oleh buruh pekerja khususnya di seluruh wilayah Indonesia dengan beragam bentuk perayaan. Umumnya peringatan hari buruh sedunia dirayakan dengan melakukan aksi demonstrasi atau long march turun ke jalan tetapi ada yang menarik dengan perayaan hari buruh sedunia tahun 2016 yang dilakukan oleh SPDAG Aqua Klaten yaitu melakukan “grebeg Kali dan penanaman pohon MPTS (multi purpose tree species)” disekitar sepadan sungai Pusur. “Di dalam bisnis kami bahwa buruh itu sangat terkait dengan lingkungan, termasuk didalamnya pengelolaan sumberdaya air sehingga dengan momentum Mayday tahun ini kami bersinergi dengan masyarakat sekitar melakukan grebeg kali dan penanaman pohon kayu dan buah-buahan disekitar sepadan sungai Pusur dan semangat hari buruh ini juga semakin memperkuat cita-cita kesejahteraan buruh, jelas Marjono selaku ketua SPDAG AQUA Klaten.

Baca Juga:   Petani Organik Klaten Binaan CSR Aqua Danon Klaten
Perayaan hari buruh setiap tahunnya selalu didahulukan dengan hari bumi yang jatuh pada setiap tanggal 22 April dan perayaan kali ini bagi AQUA Klaten menjadi cukup special dengan mengkolaborasikan semangat hari bumi dengan tema Trees for the earth yang mana semua buruh bertekad menanam pohon untuk bertindak menyelamatkan bumi. Perayaan buruh 2016 ini melibatkan 150 orang anggota SPDAG AQUA Klaten berkolaborasi dengan masyarakat dukuh Karanggendeng, pemerintah desa Polan, TNI dan POLRI unsure Muspika Polanharjo. Kaplosek Polanharjo juga sangat berterima kasih dan mengapresiasi bentuk perayaan hari buruh yang dilakukan oleh AQUA Klaten ini, “biasanya hari buruh dirayakan dengan turun kejalan dan jelas ini akan mengganggu pengguna jalan yang lain sehingga menimbulkan kesan yang tidak baik, dengan perayaan seperti ini tentu sangat bermanfaat bagi lingkungan dan lebih bersahabat dengan masyarakat, jelas Kapolsek Polanharjo.
 
Sungai Pusur sebagai sumberdaya alam memberikan arti penting bagi keberlanjutan kegiatan ekonomi seperti pertanian, perikanan dan industry bagi masyarakat disekitarnya baik yang berada di wilayah hulu, tengah dan hilir, sehingga kolaborasi dan peran parapihak dalam upaya grebeg kali dan penanaman pohon merupakan upaya nyata menyelamatkan keberlanjutan penghidupan masyarakat luas.
 

2 COMMENTS