Saturday, July 20, 2024

***

spot_img

Terapkan Manajemen Energi, Aqua Klaten Raih Penghargaan Subroto 2022

KLATEN — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyerahkan penghargaan Subroto kepada PT Tirta Investama Pabrik Aqua Klaten. Penghargaan itu diserahkan Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Rida Mulyana, kepada Plant Director Aqua Klaten, I Ketut Muwaranata, di Sekretariat Jenderal (Setjen) Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Aqua Klaten menerima penghargaan Subroto pada bidang Efisiensi Energi tahun 2022 untuk kategori Manajemen Energi pada Industri dan Bangunan Gedung pada subkategori industri kecil dan menengah.

Plant Director Aqua Klaten, I Ketut Muwaranata, mengatakan selama ini Aqua Klaten selalu berkonsultasi dan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk semua operasional pabrik.

“Kami berhasil menerapkan sistem manajemen energi yang kami namai manajemen energi menuju Aqua Klaten Green Factory. Sejak 2019, kami bisa menghemat energi sebesar 19.314.656 kWh,” kata dia berdasarkan rilis yang diterima Solopos.com.

Aqua Klaten berkomitmen menjalankan Blue Operations di setiap aktivitas dengan target hingga 2030 akan menggunakan energi terbarukan sebsar 100 persen. Hal tersebut sesuai target pemerintah meningkatkan bauran enegi baru terbarukan hingga 23% pada 2025.

Selain itu, komitmen itu guna mendukung komitmen Pemerintah Provinsi Jawa Tengah meningkatkan bauran energi baru terbarukan.

Aqua Klaten mengoperasikan PLTS atap sejak 2020. PLTS atap tersebut saat ini menjadi yang terbesar di Indonesia yang diinisiasi oleh industri.

Dengan kapasitas sistem sebesar 2919 kilowatt peak (kWp) dapat menghasilkan listrik sebesar 4 gigawatt hour (GWh) per tahun dan mengurangi sebesar 3.340 ton CO2 per tahun.

Danone-Aqua menjadi pelopor pemanfaatan PLTS atap di industri dalam negeri sejak 2017. Saat ini pemasangan PLTS atap sudah dilakukan di fasilitas pabrik Danone-Aqua di Ciherang, Banyuwangi, Klaten, Mekarsari, dan Mambal.

Dalam rencana strategis perusahaan, PLTS atap di seluruh pabrik Danone-Aqua akan mencapai total kapasitas lebih dari 15 MWP pada 2025. Dengan total kapasitas itu ditargetkan mampu menghasilkan energi listrik sebesar 21 GWH sekaligus mengurangi emisi karbon hingga 16.633 Ton CO2 per tahun.

Saat ini, total penggunaan PLTS atap di lima pabrik Danone-Aqua di Indonesia sudah mencapai kapasitas 6,9 MWP.

Direktur Konservasi Energi Kementerian ESDM, Luh Nyoman Puspa Dewi, menyampaikan Kegiatan Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi (PSBE) Tahun 2022 merupakan salah satu upaya Kementerian ESDM mendorong pencapaian target efisiensi energi nasional sebesar 17% pada 2025 dan penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 29% pada tahun 2030.

“Kami berharap melalui ajang PSBE ini dapat mendorong upaya-upaya pelaksanaan konservasi energi terutama di sektor bangunan gedung. Tidak hanya berkompetisi tetapi juga menjadi aksi nyata bagi pembangunan dan pengelolaan energi yang berkelanjutan,” kata dia saat membuka kegiatan Sosialisasi PSBE Tahun 2022 Kategori Penghematan Energi di Instansi Pemerintah.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Tag: Penghargaan Aqua Kementerian ESDM Energi Berita Klaten

 

Sumber Solopos.com “Terapkan Manajemen Energi, Aqua Klaten Raih Penghargaan Subroto 2022” selengkapnya di sini: https://www.solopos.com/terapkan-manajemen-energi-aqua-klaten-raih-penghargaan-subroto-2022-1442480.

DesaKlaten.com
DesaKlaten.comhttp://www.desaklaten.com
DesaKlaten.com adalah sebuah blog sederhana yang berisi informasi dari berbagai media online yang kami sajikan kembali dengan tujuan untuk mengingatkan kembali akan harmonisasi sebuah desa yang penuh dengan Anugerah Tuhan YME.

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles