Saturday, July 13, 2024

***

spot_img

Aksi Kolektif AQUA Klaten dari Hulu hingga Hilir

Keberadaan PT Tirta Investama (AQUA) Klaten sebagai perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) yang berdiri di tengah masyarakat sudah menjalankan tanggung jawab sosial. Selain kepada lingkungan sekitar, juga pada keseimbangan alam yang terus dilakukan. Salah satu nya dengan menjaga kelestarian Sub Das Pusur yang merupakan anak sungai Bengawan Solo.

Kapedulian AQUA terhadap Sub Das Pusur dilakukan mulai dari hulu hingga hilir yang memiliki panjang sekitar 36,735 kilometer. Melintasi 49 desa, di lima kecamatan dan berada di dua kabupaten yaitu Boyolali dan Klaten.

“Sebagai perusahaan sudah berkewajiban untuk peduli lingkungan sekitar. Itu sudah menjadi program yang wajib dilaksanakan. Tentu dengan melibatkan masyarakat sekitar sebagai bentuk pemberdayaan,” ujar Kepala Pabrik AQUA Klaten I Ketut Muwaranata.

Kegiatan yang dilakukan mulai penghijauan dari hulu yang merupakan wilayah lereng Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Tidak hanya itu, kegiatan lain juga melibatkan petani. Mulai dari penanaman lobak, sayur sayuran sampai budidaya tanaman anggrek. Ini sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat sekitar Sub Das Pusur.

Manajer Corporate Social Responbility (CSR) Pabrik AQUA Klaten Rama Zakaria menambahkan, setiap wilayah memang kegiatan yang dilakukan berbeda. Disesuaikan dengan kebutuhan lingkungan dan menyesuaikan kondisi masyarakat.

“Makanya tiap-tiap kawasan memiliki program yang berbeda. Karena kalau program disamakan tidak akan menjadi solusi terhadap masalah yang dihadapi masyarakat di sepanjang Sub Das Pusur. Tentu semua program disusun bersama dengan masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Seperti yang sudah berjalan sekarang di wilayah hulu memiliki program sekolah konservasi. Kegiatan ini bagaimana masyarakat bisa mengatasi kondisi lahan kritis yang banyak ditemukan di wilayah hulu Sub Das Pusur. Kemudian ada program kampung energi di Desa Mundu, yang menjadikan kotoran hewan ternak sapi sebagai sumber energi.

Sementara di antara hulu dan hilir sungai, AQUA Klaten memiliki kegiatan Program Kali Bersih (Prokasih) di mana masyarakat sekitar Sub Das Masyarakat diajak untuk menjadikan sungai bagian dari kehidupan. Sebagai masyarakat yang tinggal di sungai harus memiliki tanggung jawab merawat, menjaga sungai agar tetap bersih.

Untuk mengoptimalkan Sub Das Pusur sebagian masyarakat punya kegiatan yang kreatif dan menghasilan ekonomi. River tubing merupakan salah satu obyek wisata unggulan di Sub Das Pusur. Banyak masyarakat yang sudah menikmati wisata ini baik dari Klaten atau luar daerah.

Di hilir merupakan daerah distribusi air dari Sub Das Pusur, ada petani yang masih berebut untuk mendapatkan air. Agar hal tersebut AQUA Klaten dan berbagai stakeholder mengajak kelompok tani untuk musyawarah agar air dapat didistribusikan dengan menyesuaikan kebutuhan petani.

AQUA Klaten bersama jaringannya juga memiliki program pelatihan bagi petani di sekitar Sub Das Pusur. Ada juga kegiatan bersih-bersih saluran irigasi, yang sering menghambat aliran air tidak sampai ke sawah petani

Sumber: https://radarsolo.jawapos.com/features/18/01/2022/aksi-kolektif-aqua-klaten-dari-hulu-hingga-hilir/

DesaKlaten.com
DesaKlaten.comhttp://www.desaklaten.com
DesaKlaten.com adalah sebuah blog sederhana yang berisi informasi dari berbagai media online yang kami sajikan kembali dengan tujuan untuk mengingatkan kembali akan harmonisasi sebuah desa yang penuh dengan Anugerah Tuhan YME.

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles