AQUA Bantu Difabel Budidaya Lele Sistem Bioflok

Desa Klaten -Informasi Tentang Kabupaten Klaten, Aqua Klaten – Danone Klaten PT. Tirta Investama Pabrik Aqua Klaten

Informasi seputar Klaten, Aqua Klaten, Meliputi Pertanian, Perairan, Wisata, Kerajinan dan Aqua Klaten serta Kegiatan PT. Tirta Investama Pabrik Aqua Klaten

AquaCSR AquaCSR Aqua KlatenDanonDanonePabrik AQUA Klaten

AQUA Bantu Difabel Budidaya Lele Sistem Bioflok

aqua-klaten-rama-zakaria

PT Tirta Investama (Aqua) Klaten memberikan pendampingan pemulihan ekonomi disabilitas melalui kegiatan budidaya lele sistem bioflok.

Stakeholder Relation Manager Pabrik Aqua Klaten, Rama Zakaria, Senin (30/11) mengemukakan, pendampingan dilakukan untuk disabilitas di Desa Kiringan, Kecamatan Tulung, Klaten.

Support yang diberikan Aqua berupa pelatihan, sarana dan prasarana, serta berupa bibit lele. Budidaya lele dengan sistem bioflok tersebut dimaksudkan untuk membantu kaum disabilitas dalam memenuhi nutrisi protein hewani, sekaligus hasil lebihnya bisa dijual untuk meningkatkan derajat ekonomi mereka. “Budidaya lele sistem bioflok ini dimulai Mei tahun 2020, karena dampak pandemi juga sangat terasa bagi teman-teman difabel. Untuk itu kami berupaya membantu mereka. Semula berharap bisa untuk pemenuhan gizi keluarga, ternyata berkembang dan hasilnya bisa dijual,” kata Rama Zakaria.

Baca Juga:   River Tubing Pusur Klaten

Sri Mulyo, salah seorang pengelola budidaya lele sistem bioflok mengemukakan, semula hanya ada satu kolam, namun sekarang sudah berkembang menjadi tiga kolam. Saat ini sudah memasuki masa panen.

Sistem penjualan dilakuakan secara online. Karena penjualan langsung pada konsumen, maka harga bisa lebih mahal. Untuk satu kilogram bisa mencapai diatas Rp 20 ribu/kilogram, sedangkan jika melalui tengkulak hanya berkisar Rp 16 ribu hingga Rp 17 ribu per kilogram.

“Banyak yang suka, karena lele yang dibudidayakan dengan sistem bioflok rasa dagingnya lebih gurih. Kami menjual via online langsung pada konsumen, jadi harganya bisa lebih tinggi,” kata Sri Mulyo.

Sumber: https://www.krjogja.com/berita-lokal/jateng/klaten/aqua-bantu-difabel-budidaya-lele-sistem-bioflok/

About Author

DesaKlaten.com adalah sebuah blog sederhana yang berisi informasi dari berbagai media online yang kami sajikan kembali dengan tujuan untuk mengingatkan kembali akan harmonisasi sebuah desa yang penuh dengan Anugerah Tuhan YME.