Ikut Program Ekspor, Bisnis Sepatu Asal Klaten Ini Go International

Desa Klaten -Informasi Tentang Kabupaten Klaten, Aqua Klaten – Danone Klaten PT. Tirta Investama Pabrik Aqua Klaten

Informasi seputar Klaten, Aqua Klaten, Meliputi Pertanian, Perairan, Wisata, Kerajinan dan Aqua Klaten serta Kegiatan PT. Tirta Investama Pabrik Aqua Klaten

Desa KlatenHome IndustriKabupaten KlatenKerajinanKlaten

Ikut Program Ekspor, Bisnis Sepatu Asal Klaten Ini Go International

aerostreet sepatu produksi klaten

Ikut Program Ekspor, Bisnis Sepatu Asal Klaten Ini Go International

Dalam beberapa tahun terakhir, digitalisasi bisnis mulai banyak dilirik para pelaku UMKM untuk dapat mengembangkan bisnisnya. Tak hanya membuahkan hasil positif dalam hal peningkatan penjualan, digitalisasi bisnis juga berhasil membuat bisnis lokal asli Indonesia bisa bersaing di pasar internasional.
Manfaat dari digitalisasi bisnis ini turut dirasakan oleh owner Aerostreet, Adhitya Caesarico dengan bisnis sepatunya. Berawal dari menjual produk sepatu sekolah secara offline, Adhitya mengungkapkan kini telah memfokuskan bisnisnya pada produk sepatu pria.

Ia menyampaikan bisnis yang ia mulai sejak tahun 2015 ini terus berinovasi memperluas pasar dengan menjual sepatu olahraga, sepatu kasual dan formal. Pada November 2019, lanjutnya, ia mulai bergabung di marketplace untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Diketahui, marketplace yang diikuti oleh Adhitya untuk mengembangkan usahanya adalah Shopee. Adhitya mengaku Aerostreet secara perlahan berhasil menambah penjualan sepatu yang hingga berhasil menjual puluhan ribu sepatu pria di aplikasi Shopee. Menurutnya, program dan kampanye yang diberikan Shopee sangat membantu peningkatan bisnisnya secara maksimal.

“Jumlah peningkatan penjualan yang dirasakan oleh Aerostreet mencapai 5 kali lipat sejak awal bergabung di Shopee dengan mengikutsertakan Aerostreet ke berbagai program serta kampanye yang dimiliki oleh Shopee. Peningkatan yang kami rasakan juga terjadi pada saat kemeriahan hari puncak kampanye di Shopee, di mana penjualan kam bisa mencapai ribuan sepatu,” jelas Adhitya dalam keterangan tertulis, Rabu (14/4/2021).

Baca Juga:   Kabupaten Klaten Pemenang Event Carnival Jateng

Dengan keberhasilannya tersebut, katanya, saat ini Aerostreet memiliki gudang dan tim produksi sendiri. Tak hanya itu, Adhitya menjelaskan bisnisnya juga diikutkan dalam mengikuti program ekspor Shopee. Ia menambahkan, program ini membuka kesempatan bagi para produsen dan penjual lokal, seperti Aerostreet dari Klaten untuk bisa go global. Ia mengaku sebelumnya belum pernah mengekspor produk sepatu yang diproduksinya ke negara lain.

“Dengan program ekspor yang diberikan oleh Shopee, kami sudah dibantu untuk diberikan eksposur produk kami di luar negeri. Bersama program ekspor tersebut, kami mengalami peningkatan penjualan karena produk sepatu pria kami sudah dapat dibeli di negara-negara tempat Shopee beroperasi seperti Singapura dan Malaysia,” ungkap Adhitya.

Ia menjelaskan lewat program ekspor dari Shopee ini ia dapat merasakan produknya merambah ke panggung global. Ia pun mengaku senang dan bangga mengetahui produknya sudah bisa dibeli di luar negeri.

“Semoga Shopee dapat terus membantu pelaku UMKM untuk mempromosikan merek-merek Indonesia di luar negeri,” ucapnya.

Baca Juga:   Bupati Klaten Anjurkan Produk UKM di Klaten Diberi Stiker Aku Cinta Produk Klaten

Ia pun mengungkap Program Ekspor Shopee tak hanya memberi dampak pada peningkatan penjualan produk sepatu Aerostreet, tapi juga memberikan lapangan pekerjaan baru bagi karyawan untuk bekerja di pabrik sepatu miliknya. Adhitya menjelaskan sejak awal berdiri hingga bisa ekspor bersama Shopee, Aerostreet dapat terus mempertahankan jumlah karyawan yang sudah ada bahkan di tengah pandemi.

Meski begitu, Adhitya berharap dapat terus mempertahankan bisnisnya di tengah masa pandemi ini serta dapat meningkatkan penjualan dari Aerostreet. Menurutnya, dengan meningkatkan penjualan, ia bisa turut membantu mempertahankan perekonomian di Indonesia terutama masyarakat di daerah.

Ia pun berharap agar para pelaku UMKM dapat terus berkarya dan berjuang di masa sulit ini. Adhitya berpesan, dengan tekad dan terus bekerja keras, para pelaku UMKM pasti bisa bertahan dan tumbuh lebih besar lagi.

Sebagai informasi, Shopee berkolaborasi dengan Sekolah Ekspor, asosiasi gabungan antara Kamar Dagang dan Industri Indonesia serta Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (SMESCO) untuk mewujudkan 500.000 eksportir hingga tahun 2030. Program dimulai awal Maret 2021 serta didukung oleh Kementerian Koperasi dan UKM dan Kementerian Perdagangan.

 

Sumber: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5531803/ikut-program-ekspor-bisnis-sepatu-asal-klaten-ini-go-international?

About Author

DesaKlaten.com adalah sebuah blog sederhana yang berisi informasi dari berbagai media online yang kami sajikan kembali dengan tujuan untuk mengingatkan kembali akan harmonisasi sebuah desa yang penuh dengan Anugerah Tuhan YME.