Industri Batik di Klaten

Desa Klaten -Informasi Tentang Kabupaten Klaten, Aqua Klaten – Danone Klaten PT. Tirta Investama Pabrik Aqua Klaten

Informasi seputar Klaten, Aqua Klaten, Meliputi Pertanian, Perairan, Wisata, Kerajinan dan Aqua Klaten serta Kegiatan PT. Tirta Investama Pabrik Aqua Klaten

Desa KlatenDesa Wisata di KlatenHome IndustriKabupaten KlatenKerajinanKlatenPariwisata Klaten

Industri Batik di Klaten

Daerah Bayat merupakan salah satu daerah yang ada di Kabupaten Klaten yang cukup terkenal dengan produksi dan juga industri batiknya. Daerah ini telah menjadi lokasi pembuatan berbagai macam kain batik sejak abad ke tujuh belas dan telah memiliki banyak motif yang sangat disukai oleh berbagai kalangan masyarakat. Batik yang dibuat oleh masyarakat Bayat ini sangat terkenal dengan kainnya yang halus dan juga proses pemberian warna yang sangat baik yang dilakukan oleh para seniman batik mereka.

Daerah Klaten yang saat ini telah menjadi pusat pembuatan batik telah tersebar di beberapa kecamatan diantaranya adalah Kecamatan Bayat, Kecamatan Juwiring dan satu lagi adalah Kecamatan Wedi. Kecamatan Bayat adalah lokasi yang memiliki industri batik yang paling banyak yang ada di wilayah Klaten dan saat ini telah memiliki sekitar sepuluh sentra industri batik. Tingginya minat masyarakat akan batik membuat daerah penghasil batik ini dapat membantu perekonomian masyarakat Klaten dan memberikan lapangan pekerjaan yang cukup banyak bagi masyarakat mereka. Di daerah kecamatan Bayat ini masih terdiri lagi akan beberapa desa yang juga cukup terkenal dengan berbagai macam motif yang diciptakan oleh penduduknya. Untuk pembuatan batik cap, desa yang terkenal adalah Desa Beluk sementara untuk pembuatan batik tulis banyak dilakukan oleh penduduk Desa Jarum dan juga Desa Kebon.

Selain itu daerah ini juga membuat kain batik tenun lurik yang banyak di produksi oleh masyarakat Desa Tegalrejo. Segala hal yang bersangkutan dengan batik mulai dari proses awal yaitu pembuatan motif batik hingga proses selanjutnya sampai ke penjualan produk batik, semua telah dapat dilakukan di Kabupaten Klaten ini. Dengan begini tenaga kerja yang membuat batik di daerah ini telah berjumlah cukup banyak dan banyak dari masyarakat daerah ini yang melakukan pekerjaan ini secara turun temurun yang diwariskan dari generasi sebelumnya ke generasi sekarang dan nantinya ke generasi seterusnya.

 

Baca Juga:   50 Anak Ikut Khitanan Massal Aqua

Sumber: https://infobatik.id/industri-batik-klaten/

About Author

DesaKlaten.com adalah sebuah blog sederhana yang berisi informasi dari berbagai media online yang kami sajikan kembali dengan tujuan untuk mengingatkan kembali akan harmonisasi sebuah desa yang penuh dengan Anugerah Tuhan YME.