Kolaborasi AQUA Klaten Mencegah Pandemi Covid-19

Desa Klaten -Informasi Tentang Kabupaten Klaten, Aqua Klaten – Danone Klaten PT. Tirta Investama Pabrik Aqua Klaten

Informasi seputar Klaten, Aqua Klaten, Meliputi Pertanian, Perairan, Wisata, Kerajinan dan Aqua Klaten serta Kegiatan PT. Tirta Investama Pabrik Aqua Klaten

AquaAqua KlatenCSR AquaCSR Aqua KlatenDanonDanonePabrik AQUA KlatenPT Tirta Investama Pabrik KlatenPT TIV KlatenPt. Tirta Investama

Kolaborasi AQUA Klaten Mencegah Pandemi Covid-19

Aqua Klaten - Rama Zakaria

Kolaborasi AQUA Klaten Mencegah Pandemi Covid-19

perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK), PT Tirta Investama-Pabrik Klaten selalu memerhatikan keamanan dan kualitas produk yang dihasilkan. Produk air minum yang sudah sangat popular dan akrab dikonsumsi keluarga di Indonesia ini lebih meningkatkan kontrol produksi di saat pandemi Covid 19 ini. Fokus utamanya pada penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dilakukan ekstraketat di Pabrik AQUA Klaten. Melalui penerapan standart operation procedure yang dikenal dengan SOP Butterfly. Yaitu protokol dan SOP yang menjadi acuan bagi operasional Pabrik AQUA di seluruh Indonesia.

Penerapan SOP ini dilakukan untuk memastikan mindset dan perilaku seluruh karyawan serta pihak ketiga agar patuh terhadap protokol kesehatan. Sehingga, dipastikan seluruh tahapan produksi sampai distribusi aman dengan penerapan SOP Butterfly tersebut.

“AQUA ingin memastikan bahwa produk yang dihasilkan telah memenuhi standar prosedur dengan tahapan yang menjamin keamanan mutu sejak dari sumber yang terlindungi. Serta menjaga kelestarian ekosistem sekitar, proses produksi, dan distribusi yang terkelola baik hingga ke tangan konsumen” ujar Kepala Pabrik AQUA Klaten I Ketut Murawanata.

Pengawasan dan perhatian terhadap prokes juga menyasar keluarga karyawan agar jangan sampai terpapar Covid-19. Perhatian dicurahkan melalui program beyond the gate safety (BTGS Program). Tim mendatangi rumah karyawan untuk memberikan awareness, edukasi, dan sarana yang mendukung pencegahan Covid-19.

Baca Juga:   Sentra Kerajinan Klaten

“Jika hal tersebut dipraktikkan, penularan Covid-19 akan dapat dicegah. Kami terus berkomitmen dan konsisten dalam menjalankan protokol kesehatan. Berkolaborasi dengan jajaran satuan tugas (satgas) penanganan Covid-19 di tingkat desa, kecamatan, sampai kabupaten,” imbuhnya.

Sementara itu, bentuk kepedulian AQUA Klaten di lingkungan eksternal berupa kerja sama dengan satgas pencegahan Covid-19 dalam memutus rantai penyebaran virus di komunitas sekitar dan masyarakat yang terdampak pandemi. Termasuk kelompok disabilitas yang ada di sekitar wilayah operasi pabrik AQUA Klaten. Berupa penyediaan sarana kebersihan cuci tangan pakai sabun (CTPS), distribusi cairan disinfektan, masker, dan hand sanitizer.

“Kami juga berkolaborasi dengan Satgas Penanganan COvid-19 Kabupaten Klaten, mendukung sarana dan memastikan hidrasi tenaga kesehatan sebagai garda terdepan terpenuhi. Kegiatan pemberdayaan masyarakat sekitar pabrik juga kami lakukan agar lebih siap menghadapi dampak pandemi Covid-19,” sambung Manajer CSR AQUA Klaten Rama Zakaria.

Pada aspek pemberdayaan masyarakat, berbagai kegiatan dilakukan. Sebagai bentuk respons terhadap pandemi Covid-19. Seperti pemenuhan kebutuhan gizi, protein, dan sumber makanan lain. Di antaranya sayuran dan budidaya perikanan melalui pemberdayaan gabungan kelompok tani (gapoktan), kelompok bank sampah, serta kelompok penyandang disabilitas.

Setidaknya, masyarakat memiliki perencanaan dan keberlanjutan sumber pangan. Melalui strategi lumbung pangan di tingkat lokal. Sehingga masyarakat memiliki semangat untuk bangkit di tengah pandemi.

Baca Juga:   50 Anak Ikut Khitanan Massal Aqua

Salah satu komunitas masyarakat penerima manfaat program respons pandemi Covid-19, yakni Inklusi Center Kecamatan Karanganom Bhakti Negeri (ICKKBN). Menerima bantuan bibit lele yang dibudidayakan oleh para keluarga penyandang disabilitas. Diharapkan bantuan ini dapat memberikan sumber pangan alternatif bagi mereka.

“Budidaya lele dengan sistem biovlog dan budidamber dikelola para penyandang disabilitas beserta keluarganya. Diharapkan dapat menjadi perhatian bagi kelompok minoritas ini dan sebagai motivasi untuk tetap survive dalam masa pandemi. Saat ini kami bersama AQUA juga mendukung semangat para atlet Paralympic cabang panahan dalam berlatih. Berupa bantuan unit kaki palsu,” ungkap Ketua ICBN Karanganom Sri Mulyo.

Apa yang telah dilakukan AQUA Klaten mendapat apresiasi dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dalam teleconference, Ganjar meminta seluruh perusahaan di Jawa Tengah melakukan kegiatan pencegahan penyebaran Covid-19 seperti yang dilakukan AQUA Klaten.

“Sudah saatnya industri ikut peduli terhadap pandemi Covid-19. Saya melihat kegiatan ini bagus dan harus terus dilakukan. Mulai dari lingkungan perusahaan sampai lingkungan sekitar. Semua harus bekerja sama memerangi Covid-19,” kata Ganjar. (ren/oh/adi/ria)

Sumber: https://radarsolo.jawapos.com/read/2020/12/21/231459/kolaborasi-aqua-klaten-mencegah-pandemi-covid-19

About Author

DesaKlaten.com adalah sebuah blog sederhana yang berisi informasi dari berbagai media online yang kami sajikan kembali dengan tujuan untuk mengingatkan kembali akan harmonisasi sebuah desa yang penuh dengan Anugerah Tuhan YME.