Thursday, June 13, 2024

***

spot_img

Pabrik Aqua Klaten Perkuat Kolaborasi dengan Stakeholder di Bulan Ramadhan

PT Tirta Investama – Pabrik Klaten (Aqua Klaten) menggelar rangkaian buka bersama para penerima manfaat, selama tiga hari berturut-turut. Selain membagikan paket sembako kepada masyarakat sekitar, buka bersama melibatkan Muspika maupun para stakeholder lainnya.

Tujuan Kegiatan ini menjadi wadah silaturahmi untuk bersama-sama mensyukuri kolaborasi yang sudah terbangun demi mendukung kemajuan Klaten dari segi sosial kemasyarakatan, lingkungan dan penguatan ekonomi.

Buka bersama ditutup dengan diskusi singkat penerima manfaat dari hulu sampai hilir yang menyampaikan manfaat dari kolaborasi semua pemangku kepentingan yang ada baik dari Aqua Klaten, pemerintah, akademisi, jurnalis, dan komunitas.

Joko Susanto petani konservasi dari Gumuk, Mriyan, menceritakan upaya Konservasi Anggrek Merapi yang sudah dikembangkan. “Selain konservasi, kami juga diberi pengetahuan mengoptimalkan Instalasi Panen Air Hujan, kami bertahan di kemarau dengan mengandalkan tandon panen air hujan”, kata Joko. Pembuatan sumur di daerah hulu tidak dimungkinkan karena tingkat kedalamannya.

“Kami juga belajar, walau air yang ada sedikit tapi kalo mencukupi, itu akan menjadi berkah bagi kami”, tambah Joko. Di wilayah Sub DAS Pusur bagian hulu, tepatnya di tenggara Gunung Merapi Aqua Klaten menggandeng masyarakat menjaga daerah resapan dengan menanam pohon lebih dari 141.000 pohon yang tumbuh dan termonitor secara online dengan geotagging.

Menyusul 2.650 rorak, 70 sumur resapan dan 1 Embung Tirta Mulya seluas 10.000 m2 di Desa Kemalang. Bersama Masyarakat juga mengembangkan Sistem Panen Air Hujan sebanyak 141 unit untuk memastikan masyarakat di hulu yang menjaga ketersediaan air juga mendapatkan akses air bersih yang memadai.

Yayat Sudrajat, orang tua dari Nindi Herawati Dewi yang disabilitas, dari ICKK (Inclusive Center Kecamatan Karanganom) menyampaikan terima kasih kepada Aqua Klaten, juga relawan yang mendorong berdiri dan beroperasinya ICKK.

“Saya sebagai orang tua sangat bersyukur, Anak kami yang dulu sehari-hari hanya menonton TV dan tidak bersosialisasi, kini bisa berprestasi setelah bergabung di ICKK. Selain alat terapi yang memadai, jadwal pertemuannya bisa melatih disabilitas untuk bersosialisasi, sekaligus membangun kepercayaan diri orang tua”, kata Yayat.

Bicara tentang program, Rama Zakaria, Stakeholder Relation Manager Aqua Klaten mengulas singkat juga mengenai inisiasi Revitalisasi Jogo Toya yang melibatkan 7 desa untuk menjaga dan memelihara saluran irigasi. Aktifitas juga didukung oleh pemerintah, TNI dan Polri dan elemen Masyarakat yang lain.

“Air adalah sumber kehidupan yang harus dikelola dan dimanfaatkan secara bijak. Kami mengajak semua pemangku kepentingan untuk bergerak bersama dalam upaya pengelolaan dan pemanfaatan air” ujarnya.

Sistem Kelola air dengan model Jogo Toya ini mampu mengairi 300 ha sawah dari 569 ha persawahan yang sebelumnya tidak produktif karena tidak mendapatkan aliran irigasi; normalisasi 3.581 meter dari total 12.500 meter saluran irigasi sekunder dan tersier yang disebabkan karena sedimentasi; memfungsikan 22 pintu air dari total 102 pintu air yang rusak. Aktifitas ini telah menjangkau 686 petani yang tergabung dalam 14 kelompok tani.

Menutup rangkaian kegiatan ini, Plant Director Aqua Klaten, Novan Yulianto menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada para NGOs mitra pelaksana program, media, semua tokoh masyarakat dan seluruh jajaran Pemerintahan di Kabupaten Klaten mulai dari tingkat desa, kecamatan dan seluruh OPD. “Apresiasi untuk kerjasama dan dukungannya selama ini. Semoga ke depan sinergi lebih baik bisa dikembangkan bersama kami”, tegasnya.

“Kami telah menjadi warga Klaten selama 21 tahun, bersama 800 karyawan dari desa sekitar, kami terus berkomitmen untuk melakukan yang terbaik dalam operasional kami, dan bisa memberi manfaat ekonomi, sosial dan lingkungan kepada semua pihak yang pada akhirnya berdampak kepada kemajuan Klaten”, tutup Novan.

Ramadan, Pabrik Aqua Klaten Perkuat Kolaborasi dengan Stakeholder
Editor: Mashud Toarik
Sumber: Investor.id

DesaKlaten.com
DesaKlaten.comhttp://www.desaklaten.com
DesaKlaten.com adalah sebuah blog sederhana yang berisi informasi dari berbagai media online yang kami sajikan kembali dengan tujuan untuk mengingatkan kembali akan harmonisasi sebuah desa yang penuh dengan Anugerah Tuhan YME.

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles