Keren, Atap Pabrik Danone-AQUA Klaten Bisa Hasilkan Listrik, Besar Pula

Desa Klaten -Informasi Tentang Kabupaten Klaten, Aqua Klaten – Danone Klaten PT. Tirta Investama Pabrik Aqua Klaten

Informasi seputar Klaten, Aqua Klaten, Meliputi Pertanian, Perairan, Wisata, Kerajinan dan Aqua Klaten serta Kegiatan PT. Tirta Investama Pabrik Aqua Klaten

Aqua Klaten

Keren, Atap Pabrik Danone-AQUA Klaten Bisa Hasilkan Listrik, Besar Pula

Pabrik Danone-AQUA di Klaten memiliki pembangkit listrik sendiri yang bersumber dari sinar matahari. Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) itu dipasang di atap lima pabrik dan menjadi yang terbesar di Jawa Tengah. PLTS Atap ini diresmikan secara virtual pada Selasa (6/8/2020).

Pembangkit listrik tenaga surya fotovoltaik (PV) ini dikembangkan, dibangun, dan dioperasikan oleh Total Solar Distributed Generation (DG) Southeast Asia. PV itu saat ini merupakan yang terbesar di Jawa Tengah yang diprakarsai oleh industri. Dengan kapasitas 2.919 kWp (kilowatt peak), PLTS Atap tersebut dapat menghasilkan listrik sebesar 4 GWh (Gigawatt hour) per tahun sekaligus mengurangi 3.340 ton emisi karbon per tahun.

Pembangunan PLTS Atap juga merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk mengembangkan energi bersih dan terbarukan. Di antaranya dengan mengutamakan penggunaan energi surya, sesuai dengan Perda Jawa Tengah No. 12/2018 tentang Rencana Energi Daerah (RUED-P) yang merupakan turunan dari Perpres No. 22/2017 tentang Rencana Umum Energi Nasional (RUEN). Jawa Tengah merupakan provinsi pertama di Indonesia yang menyelesaikan rencana tersebut dan menyerahkannya kepada pemerintah pusat di September 2019.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, juga sangat mendukung pembangunan PLTS Atap. Hal ini ditandai dengan diterbitkannya Surat Edaran nomor 671.25/0004468 pada 1 Maret 2019 perihal Implementasi PLTS Atap. SE itu berisi imbauan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan kepada beberapa perusahaan swasta di Jawa Tengah untuk membangun PLTS Atap di institusinya masing-masing.

Baca Juga:   AQUA Klaten Berkolaborasi Mengalirkan Kebaikan

Baca Juga: Solar Aqua

Komitmen Atasi Perubahan Iklim

Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah dan juga Pejabat Sementara Bupati Klaten, Sujarwanto Dwi Atmoko, mengatakan Pemprov Jateng memiliki komitmen kuat untuk mengatasi masalah perubahan iklim dengan menerapkan energi bersih dan terbarukan. Termasuk dengan memprioritaskan penggunaan energi surya. Komitmen kami terwujud melalui target realisasi penggunaan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) sebesar 21,32% di 2025.

“Kami menyambut baik komitmen Danone-AQUA untuk membangun PLTS Atap terbesar dalam hal kapasitas yang diproduksi oleh industri di Jawa Tengah,” kata Sujarwanto.

Presiden Direktur PT Tirta Investama (Danone-AQUA), Corine Tap, mengatakan menjadi mitra aktif pemerintah dalam menerapkan energi bersih dan terbarukan. Ia menyebut hal ini merupakan salah satu prioritas yang sesuai dengan visi global perusahaan, One Planet One Health.

“Untuk mewujudkannya, kami berkomitmen untuk menggunakan energi baru dan terbarukan hingga 100% pada tahun 2030 di operasional Danone di seluruh dunia. Oleh karena itu, penggunaan solar panel terbesar di pabrik Klaten merupakan salah satu wujud nyata dari berbagai usaha yang kami lakukan. Dan merupakan bentuk komitmen Danone untuk menjadi salah satu katalisator dari industri dalam mendukung Provinsi Jawa Tengah menjadi provinsi energi surya pertama di Indonesia,” ucap Corine.

Baca Juga:   Selfi Naik Motor di Umbul Ponggok Klaten

CEO Total Solar Distributed Generation Southeast Asia, Gavin Adda, mengatakan sebagai bagian dari pemain utama global di sektor energi, pihaknya juga berkomitmen untuk memberikan solusi energi bersih yang hemat biaya. Baik bagi pemerintah, bisnis, dan pemangku kepentingan di seluruh dunia. “Kami bangga untuk mendukung Jawa Tengah dan Indonesia dalam agenda energi bersih mereka. Serta dapat dipercaya oleh Danone dalam mencapai komitmen netralitas karbon perusahaan dengan menggunakan solusi kami yang merupakan standar tertinggi dalam teknologi dan keselamatan yang mampu bertahan untuk waktu yang sangat lama,” ujarnya.

 

https://www.solopos.com/

About Author

DesaKlaten.com adalah sebuah blog sederhana yang berisi informasi dari berbagai media online yang kami sajikan kembali dengan tujuan untuk mengingatkan kembali akan harmonisasi sebuah desa yang penuh dengan Anugerah Tuhan YME.