Masjid Agung Klaten: masjid megah ala Timur Tengah kebanggan Klaten

Desa Klaten -Informasi Tentang Kabupaten Klaten, Aqua Klaten – Danone Klaten PT. Tirta Investama Pabrik Aqua Klaten

Informasi seputar desa Klaten, Aqua Klaten, Meliputi Pertanian, Perairan, Wisata, Kerajinan dan Aqua Klaten serta Kegiatan PT. Tirta Investama Pabrik Aqua Klaten

Kabupaten KlatenKlaten

Masjid Agung Klaten: masjid megah ala Timur Tengah kebanggan Klaten

Masjid Agung Klaten menjadi ikon baru dari Kabupaten Klaten. Dengan dekorasi khas Timur Tengah-nya, masjid ini layak menjadi masjid termewah di Jawa Tengah.

Setiap daerah tentunya memilki rumah peribadatan kebanggan yang menjadi ikon daerah tersebut. Jika berbicara soal masjid, umumnya masjid ikonik tersebut sarat akan nilai historis yang tinggi. Jogja punya Masjid Agung Kraton, Jakarta punya Masjid Istiqlal, Depok punya Masjid Kubah Emas begitu juga dengan Klaten, daerah yang terletak tidak jauh dari Jogja ini punya Masjid Al Aqsha. Masjid tersebut baru saja selesai dibangun oleh pemerintah setempat pada tahun 2015 lalu dan layak untuk dijadikan ikon masjid daerah tersebut.

Masjid Al Aqsho kebanggaan baru warga Klaten tersebut kerap menjadi perbincangan, karena desainnya yang sangat megah dan mewah menggunakan gaya ala Timur Tengah. Terlebih lagi, Masjid Agung ini terletak di lokasi yang strategis, tepat di pinggir Jalan Solo-Yogya sehingga apabila anda melewati jalan ini, pasti akan langsung dapat melihat keelokan desain arsitekturnya. Tak jarang, masjid ini sering dijadikan tempat transit untuk ibadah sholat sekaligus beribadah bagi pengemudi kendaraan yang lewat di masjid ini, atau wisatawan yang berkunjung ke Candi Prambanan.

Pembangunan Masjid Agung Klaten menghabiskan 60 Milyar

Lokasi yang dulunya menjadi terminal bus Klaten ini oleh pemerintah disulap menjadi tempat ibadah terbesar kaum muslim di Klaten. Pemerintah menghabiskan APBD sekitar 60 Milyar untuk menggarap lahan ini, jadi bisa dibayangkan betapa besar niatan pemerintah untuk mempercantik masjid ini. Rencananya, Masjid Al Aqsho akan dijadikan pusat kegiatan syiar agama Islam di Klaten.

Apabila anda berkunjung ke Masjid Agung Klaten ini, anda akan melihat masjid ini dibangun di lahan yang sangat luas sekitar 5.200 meter persegi. Bagian dalam masjid ini saja mampu menampung 3.000 jamaah, belum lagi bila area parkir difungsikan. Area parkir disini mampu menampung ratusan motor dan puluhan mobil jamaah. Selain itu, area luar masjid ini juga dihias dengan taman dan kolam sehingga area luar Masjid Agung Klaten tidak terkesan gersang.

Baca Juga:   Objek Wisata Bukit Cinta di Klaten Ini Sedang Ngehits

Kemegahan desain khas Timur Tengah akan langsung terlihat ketika anda hendak memasuki masjid. Anda akan disambut dengan pintu utama yang terbuat dari besi berwarana kuning keemasan dengan ukiran ayat-ayat Al Quran. Begitu anda masuk, anda akan sampai pada ruangan serambi luas yang bisa difungsikan untuk kegiatan syiar seperti kajian kitab.

Ruangan utama pada Masjid Agung Klaten ini terletak di lantai dua, untuk menuju kesana tepat di depan pintu utama terdapat tangga yang dipisahkan untuk jamaah putra dan putri selain itu, di masjid ini juga disediakan lift yang dapat mengangkut jamaah untuk menuju ke lantai 2 dan 3.

Mihrab setinggi 10 meter dengan kaligrafi arab keemasan

Lantai dua dari masjid ini merupakan ruangan utama, dan disini desain khas Timur Tengah akan semakin terasa. Pada bagian ini, tempat yang menjadi pengimaman masjid atau biasa disebut mihrab akan menyambut anda dengan kemegahan dekorasinya. Mihrab ini memiliki tinggi sekitar 10 meter berwarna emas dan dihiasi dengan ukiran surat Al Fatihah dan Al Isra’. Pada bagian tenganya terdapat huruf arab bertuliskan Al Aqsha yang merupakan nama dari masjid ini.

Selain bagian mihrab, kubah bagian dalam yang berdiameter besar tersebut juga tak luput dari kekaguman jamaah. Kubah tersebut dihias dengan ornamen gaya Timur Tengah dan bagian tengahnya terdapat tulisan arab Allah SWT. Sedangkan lantai 3 yang berdesain serupa difungsikan untuk menampung jamaah apabila pada lantai 2 sudah penuh.

Baca Juga:   Tempat Wisata yang Instagramable di Klaten - Umbul Siblarak

Masjid ini rencananya akan dilengkapi dengan menara masjid yang memiliki tinggi sekitar 70 m. Menara ini akan difungsikan juga sebagai gardu pandang pada awalnya, akan tetapi karena pada penyusunan anggaran pembangunan menara terdapat masalah, ketinggiannya akan diturunkan hingga 35 m saja.

Masjid Agung Klaten juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang lengkap seperti ruang transit, kamar mandi bersih, perpustakaan, dan juga ruangan yang bisa digunakan untuk kepentingan jamaah.

Apabila anda ingin mendapatkan nilai lebih dari keindahan masjid ini, sebaiknya datang di waktu sore hari atau waktu sholat ashar ketika matahari tidak terlalu panas. Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan dekorasi bagian dalamnya saja, tapi juga bagian luar.

Cara menuju Masjid Agung Klaten: masjid megah ala Timur Tengah kebanggan Klaten dari Jogja

Untuk menuju ke tempat ini sangat lah mudah, karena berada tepat di pinggir jalan utama lintas provinsi penghubung Jogja dengan Solo. Apabila anda menempuh dengan kendaraan roda empat, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam.

Meskipun jarak dari Jogja cukup jauh yakni sekitar 32 km akan tetapi mampir ke masjid ini sangat cocok bila anda sedang berwisata di daerah Klaten atau akan melakukan perjalanan melewati Klaten. Apabila anda dari Jogja, cukup mengikuti jalan Solo-Jogja, tepat setelah anda melewati Klaten bagian kota anda akan dengan mudah akan menjumpai masjid yang mencolok ini.

Cover image source : danisetiawanku.com , Sumber: https://bonvoyagejogja.com

About Author

DesaKlaten.com adalah sebuah blog sederhana yang berisi informasi dari berbagai media online yang kami sajikan kembali dengan tujuan untuk mengingatkan kembali akan harmonisasi sebuah desa yang penuh dengan Anugerah Tuhan YME.

Comments (1)

Comments are closed.