Monday, February 26, 2024

***

spot_img

Warga Mriyan, Tamansari, Boyolali Periksa Kesehatan Gratis

Warga Mriyan, Tamansari, Boyolali Periksa Kesehatan Gratis

Warga Desa Mriyan Kecamatan Tamansari, Boyolali, Jawa Tengah menjalani pemeriksaan kesehatan secara gratis. Hal ini untuk memastikan kondisi kesehatan mereka, pasca hujan abu vulkanik erupsi Merapi, dan bencana tanah longsor di desa tersebut beberapa waktu lalu. Bakti sosial ini diselenggarakan oleh PT Tirta Investama Klaten, bekerjasama dengan LPTP Surakarta.

Stakeholder Relation Manager PT Tirta Investama Klaten, Rama Zakaria Jumat (19/2/21) mengemukakan, pemeriksaan kesehatan gratis dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan warga, setelah desa tersebut diguyur hujan abu erupsi merapi.

“Warga desa ini kan kena bencana beruntun, hujan abu vulknaik dan juga tanah longsor. Kami merasa perlu memberikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis, sehingga mereka tahu kondisi kesehatanya secara pasti,“ kata Rama Zakaria.

Pemeriksaan kesehatan gratis diutamakan untuk lansia dan ibu hamil, serta diikuti hampir 100 orang. Layanan pemeriksaan kesehatan gratis juga akan diberikan untuk warga terdampak erupsi di Desa Balerante, Kemalang, Klaten. Untuk Desa Balerante akan diselenggarakan pada Sabtu (20/2/21)

Kepala Desa Mriyan, Suwandi menjelaskan, Desa Mriyan terletak di lereng Timur Merapi, sekitar 4.500 meter dari puncak. Berpenduduk 2.338 jiwa. Sebagian besar bekerja sebagai petani dan peternak. Komoditi utama pertanian adalah bunga mawar. Lainya berupa sayur mayur, dan juga tembakau.

Hampir semua warga Mriyan memiliki ladang bunga mawar. Saat ini harga lumayan tinggi. Untuk satu takar (satu keranjang) bisa mencapai Rp 150 ribu. Bunga tersebut dipasarkan di pasar lokal Boyolali, dan juga diambil tengkulak dari Yogya, Solo dan sekitarnya. “Yang jadi masalah setiap hari kera merusak tanaman warga. Terutama jagung, kool, buncis, loncang dan sebagainya,” kata Kades.

Belum lama ini, sebagian tebing longsor mengakibatkan tiga RT terisolir, karena longsoran menimpa jalan, sehingga tak bisa dilewati. Yakni Dukuh Muntong, Dukuh Gumuk dan Gukuh Gobumi. Setelah gotong-royong selama lima hari, akhirnya jalan bisa dilewati kembali. (Sit)

Sumber: https://www.krjogja.com/berita-lokal/jateng/klaten/warga-mriyan-periksa-kesehatan-gratis/
Judul Asli: Warga Mriyan Periksa Kesehatan Gratis

DesaKlaten.com
DesaKlaten.comhttp://www.desaklaten.com
DesaKlaten.com adalah sebuah blog sederhana yang berisi informasi dari berbagai media online yang kami sajikan kembali dengan tujuan untuk mengingatkan kembali akan harmonisasi sebuah desa yang penuh dengan Anugerah Tuhan YME.

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles